Gathering milis Jasakom

29 Januari 2007 at 12:05 am (Uncategorized)

Kemarin (minggu 28 jan 07) ngadirin Gathering milis Jasakom di MP Book Point. Berangkat jam 7-an pagi (padahal gua belum tidur lo!!) nyampe ke sana jam setengah sepuluhan!. Lucunya, pas berangkat menuju ke gathering itu, di halte busway kali deres, pas gua mau masuk tuh halte, ada banner elektronik yang bertuliskan (gua ga tau awalannya apa, karna tulisannya ngerolling) “…sekitar 75%-nya adalah pengguna ganja”!! an**ng, dalam hati gua teriak; Ya, dan gua ada di 75% itu!. Awalan yang “membanggakan”, Jelas banget lagi tuh banner, tepat di tengah pandang gua!!.
Kembali ke….? Acara. Yang datang lumayan rame, ada sekitar 30-an orang plus moderatornya. S’to (yang nulis buku Seni Internet Hacking, Fedora Core4, Seni Tekhnik Hacking 1 dan 2 –baru aja dirilis, dan acara kemarin sekaligus sebagai lauchingnya) terus juga ada Mas Herianto Ruslim .CEH (Certified Ethical Hacker), ada Tom (hacker papan atas), ada Ki_lurah (hacker papan atas juga), dan yang paling mengejutkan adalah…..(suara drum) hadir nya Mas Dani Firmasyah alias xnuxer yang ngejebol situs KPU pas pemilu kemarin (itu lo, kalo sering denger berita. Pasti pernah denger berita tentang nama-nama partai yang dirubah jadi nama lucu pas perhitungan suara di pemilu 2004 lalu. Kalo belum denger baca aja disini). Dan Mas Dani sempet nyeritain pengalamannya pas lagi diperiksa sama penyidik dari polda. Apa yang mas Dani bilang? “Mereka (para penyidik) tidak mencari dimana kesalahan saya, tapi mereka memaksa saya agar saya berkata bahwa saya memang salah”. Mas Dani menyesalkan karna para penyidik yang menyidik kasusnya bukan orang-orang expert di dunia keamanan komputer, sedangkan kasusnya adalah kasus keamanan komputer kelas tinggi (buat gua). Gila ga tuh, nge-hack sampe masuk bui! Seneng juga sih, bisa gabung sama senior-senior di bidang keamanan komputer.
Acaranya ga terlampau ngasikin, tapi asik (bingung kan lo). Sayangnya gua datang sendiri, jadi lebih banyak bengongnya. Maklum masih pemula, jadi ga banyak yang bisa gua obrolin. Untungnya diadain di toko buku, jadi pas waktu bebas gua lebih banyak di dalem toko, baca-baca yang aneh. Ya… tapi mudah-mudahan aja dengan bergaul dengan para senior bisa jadi kut senior juga (amin….). Segmen yang paling gua seneng pas di bagian demo hacking dengan tekhnik Man in the Middle. Salah satu tekhnik hacking untuk mencuri password dan username (atau info apapun) dari satu komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Jadi ati ati aja buat yang make komputer yang terhubung ke jaringan (khususnya komputer kantor dan warnet) karna bisa aja ada atau bahkan malah teman anda sendiri yang mencurinya (tentunya teman yang sudah mengusasi tekhnik ini). Bahaya banget kan, iya kalo masih dalam taraf akun e-mail ataupun FS, tapi kalo yang dicuri nya adalah akun internet banking! Bisa abis tuh saldo!.
Makanya S’to punya niat yang sangat tulus sekali dari didirikannya milis dan situs jasakom, yakni untuk mempublikasikan semua tentang keamanan komputer. Jadi alusnya bukan untuk ngajarin orang gimana caranya hacking(walapun dijelaskan step by step mengenai hacking tersebut), tapi lebih ke gimana caranya supaya tidak menjadi korban! Sungguh niatan yang tulus.
Dari gathering itu gua banyak dapet ilmu. Biarpun ga banyak yang bisa gua pahamin, karna yang diomonginnya adalah untuk kelas menengah dan tentunya expert! Tapi secara langsung ataupun tidak, gathering itu udah ngegedein niat gua untuk bersungguh sungguh di bidang keamanan komputer.

* Karna acaranya diadain di toko buku (pas ada bazzar pula), gua nyempetin beli oleh oleh buat rak buku gua. Buku yang cover dan judulnya cukup nyentrik “The da Peci Code”.

The Da peci Code

gua kira best seller, ga taunya “kemungkinan best seller”. ada-ada aja!

Iklan

4 Komentar

  1. mpokb said,

    waduh, bukan mau ngebobol saldo orang, kan? 🙂 btw, buku itu kayaknya kocak. ada2 aja yak..

  2. Anonymous said,

    beli ah bukunya….masih ada khan

  3. zam said,

    wah.. keren, keren..

    hehe.. pernah ketemu juga sama yg namanya Dani Firmansyah.. sempet poto bareng jugak..

    oiya, jangan-jangan yg ngebobol blog-ku dirimu yo??

    Eh, nek dirimu di Jogja, kontak-kontak.. siapa ngerti bisa ikutan kiat kumpal-kumpul.. wekekekekek…

  4. Toto said,

    Hallo, saya juga beli buku nya pas acara Gathering Jasakom di MP Book Point.
    Emang lumayan lucu sih, meskipun rada jayus dan nanggung..:)
    Anyway, salam kenal ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: