Investasi Sapi Pa Haji

10 Desember 2011 at 9:19 pm (opini)

Jujur, gua bukan seorang investor di sistem Sapi Pa Haji yang belakangan gua tau berbadan usana PT. TRASINDO JAYA KOMARA tapi pas gua cek di http://bnri.sisminbakum.go.id/, PT itu ga muncul. Fiktif atau engganya, gua juga ga tau. Tapi sekalipun udah jadi PT, itu belum bisa jadi patokan kalau perusahaan tersebut bonafit apalagi kekar secara finansial. Toh, bikin badan usaha PT juga ga mahal-mahal amat.

Pertama kali denger investasi sapi pa haji, waktu bengong ala pribadi di satu warung jamu -satu hal yang gua suka dari warung jamu kurang lebihnya sama dengan warung kopi, dimana obrolan, canda, tawa keluh kesah rakyat kelas menengah ke bawah bersuara. Kadang lucu, anarkis, mesum, pra-politik jadi satu. Dan gua cuma bisa senyam-senyum sendiri nontonin itu :), Dan ups, kenapa jadi ngobrolon warung jamu? kembali ke topik pa haji.

Jadi waktu itu ada satu orang yang sepertinya hendak mendoktrin temennya untuk ikut bisnis sapi pa haji. Layaknya sales mlm mencoba merekrut downline, sang sales bercerita kalau bisnis itu mengutamakan syariat Islam dan yang punyanya adalah PAK HAJI yang sudah sukses dan eksis selama kurang lebih 2 taun di bisnis itu. Kalo MLM biasa nawarin profit dan KAPAL PESIAR, MOBIL BMW, DLSB, sistem pa haji ini menawarkan profit dan tentang sodakoh, tawakal, dll yang ujungnya pasti PAHALA dan SURGA. makanya, kalangan non-muslim tidak diperkenankan untuk ikut berinvestasi.

Di bisnis pa haji ini, profit yang dijanjikan sangat amat menggiurkan. sampe ke 20%, kalo ga salah perhituangannya adalah, kalau inves 385ribu, maka akan mendapat keuntungan sebesar 75ribu/bulan. yang kalau dihitung hitung, cuma butuh 4 bulan untuk balikin modal itu selebihnya tinggal ongkang ongkang kaki. Menggiurkan bukan? dan hitungannya adalah, 385.000 sama dengan inves 5kg daging sapi dengan keuntungan 10.000/hari. dikali 30 hari sama dengan 300.000 profit per bulannya dari 5kg itu. Karna sistenya adalah bagi hasil (jadi mungkin ga termasuk riba) maka profit tersebut di bagi 2, investor dan perusahaan masing maing mendapat 75.000. hitungan yang simple. So, masalahnya dimana?

Dari hasil googling dan tanya sana sini sama beberapa temen gua yang ternyata sudah menjadi investor, ga ada yang tau dimana peternakan sapi pa haji itu. Gimana laporan keuangannya, gimama distribusi ke suppliernya.. yang mereka tau adalah cuma pengambilan profit sebulan sekali di kantornya yang berlamat di perum bukit cikasungka blok adf n0 234 kecamatan solear tanggerang banten, yang desas-desusnya masih berstatus SEWA! Setau gua, investornya udah nyampe ribuan, pasti ada uang yang banyak disitu. Kenapa ga dibeli aja tuh ruko? kenapa harus sewa? Terus ada yang kabar kalo bisnis pa haji bukan cuma daging sapi aja, ada air minum dalam kemasan, ada pertambangan pasir dan lain sebagainya, tapi tetep aja. Semua belum jelas. Cuma kabar burung dari mulut ke mulut, dan lo tau lah dampak dari berita  mulut ke mulut 😀 Cuma bisa kedengeran dan sedikit percaya walau belum kebenarannya dipertanayakan. 11-12 sama ibu ibu gosip di tukang sayur :p

Walau gua ga minat sama sekali inves-inves beginian (lagipula uangnya ga ada, ga kalopun ada gua ogah :p), karna seandainya gua seorang entepreneur pun, mental bisnis gua bukan mental kursi goyang yang tinggal duduk manis oncang kaki uang masuk sendiri ke kantong. Emang hal itu bukan mustahil, tapi butuh perjuangan besar untuk bisa sampe ke titik itu. Dan itu bukan berarti seenaknya ngasih duit ke orang lain untuk diputerin tanpa kita pernah tau gimana tuh uang muternya. Mending gua mainin forex sekalian deh, dengan catatan tanpa broker dari iklan-iklan internet “Forex untung terus” atau “Forex ga pernah lost” :D. Tapi lagi lagi, saya rasa itu termasuk dalam kapitalisme kelas kakap, dan sampai saat saat ini saya masih menganggap kapitalisme itu menyebalkan -dan tidak bisa dipungkiri, mau tidak mau saat ini gua sadar sedang terperangkap dalam sistem kapitalisme kelas kecil tanpa bisa menghindar :(.

Bukan mau su’udzon, gua ngerasa ada yang janggal dengan sistem pa haji ini. dari mulai profit yang amat besar dalam waktu singkat, ditambah alamat kantornya yang berstatus sewa, akta pendirian PTnya yang ga terdaftar di Sisminbakum, ditambah ditambah lagi sistem pendistribusian produk yang ga jelas, customernya ga jelas.. Ditambah dengan serangan psikologi tentang saling bahu membahu membantu sesama dalam syariat islam. Ditambah dengan sistem downline yang tawarannya sangat amat menggiurkan, dan lain-lainhya adalah sama dengan keanehan buat gua.

Dari hasil googling, gua bisa bilang sih ini cuma masalah perputaran uang, bukan perputaran produksi yang mengasilkan keuntungan. Sampai saat ini cuma itu yang bisa gua percaya dari sistem pa haji ini, sebelum ada bukti atau kalau perlu liat langsung dimana peternakannya atau dimana tempat produksi dari uang para investor itu. Lah terus gimana cara mereka ngasih profit tiap bulan ke investror?Ok, mari kita belajar matematika.

Rumus yang gua dapet adalah:

inv X AB >= prf X SA

Dimana INV = Investasi Awal, AB = Anggota Baru, PRF = profit dan SA = Semua Anggota,

Dan sekarang mari kita membuat skenario, Anggaplah Aktor Intelektualnya berhasil meyakinkan 10 investor dibulan pertama, itu berarti ada uang yang masuk (kalo mau ngikutin sistem pa haji paket kecil adalah sebesar 385rb) itu berarti ada uang yang masuk sebesar 3.850.000, satu bulan pertama masing masing investor bisa ngebawa 3 orang downline, dan 10 investor itu dapet profit bulan pertamanya sebesar 75.000, berarti uang yang ada sekarang adalah 3.850.000 dikurang 750.000 (total profit 10 investor) sama dengan uang tersisa adalah 3.100.000 ditambah 385.000×30 (uang dari anggota baru hasil downline ) = 3.100.000+11.550.000 = 14.650.000. Itu total uang kas yang ada di Aktor Intelektual untuk bulan kedua, mari kita hitung 1 bulan lagi. Di bulan ketiga, setiap anggota lama mampu menjaring 2 anggota baru. Itu berarti ada 40×2= 80 orang. Berarti uang yang masuk di bulan ke tiga dari anggota baru ialah, 80×385.000=30.800.000, ditambah saldo bulan kedua sebesar 14.650.000, dikurangi profit anggota lama 40×75.000=3.000.000. Jad saldo untuk awal bulan keempatr adalah 14.650.000+30.800.000-3.000.000 = 42.450.000, adlah uang yang dipegang aktor inteleltualnya di awal bulan keempat. Dan sistem itu terus berlanjut sampai…..

Rumusnya berubah menjadi

inv X AB < = prf x SA

Apa itu artinya? itu artinya adalah total investasi anggota baru lebih kecil dari total profit yang harus dibayar. Walau gua bukan orang ekonomi, tapi gua pernah denger istilah Kejenuhan Pasar. Kejenuhan pasar bisa timbul karna banyak sebaba, salah satunya disaat Anggota lama semakin kaya, karna modal udah balik dan profit udah banyak dari hasil investasi di tambah downline, ditambah tipikal orang licik yang semakin menyembunyikan keuntunganna yang didapet dengan berbalik arah kalo awalnya dia sibuk ngeyakinin orang orang untuk ikut inves sekarang malah berbalik  jual mahal kalo ada orang yang mau ikut ikutan investasi denagn maksud biar orang itu tetep miskin atau minmal tidak menyaingi kekayaannya (ironi kapitalistik). Maka bisa dipastikan rumus terakhir muncul. dan kalo udah begitu, aktor intelektual tinggal bawa kabur aja kas tersisa di bulan-bulan terakhir. menghilang tanpa bekas. Dan kejadian itu, udah sering banget ada di negeri bahkan dunia ini. Skema Ponzi namanya.

Pernah denger skema ponzi? silahkan googling :p. Tapi gua rasa sistem pa haji ini memenuhi syarat untuk disebut sebagai skema ponzi. Ada 5 elemen yang sistem pa haji ini lulus.

  1. MANFAAT: Oke, dari visi-misi proposal usaha pak haji ini jelas, ikut berinvestasi berarti memberikan manfaat banyak untuk dunia akhirat, selain dapet keuntungan untuk diri sendiri juga bisa bersodakoh yang ujung-ujungnya SURGA.. (dogy style with bidadari cantik -kidding :p)
  2. SETUP: Gua agak bingung jelasin mekanisme yang ada di proposal pa haji ini, tapi lo bisa liat di http://suarapertama.files.wordpress.com/2011/07/photo-0160.jpg?
  3. KREDIBILITAS AWAL: kalo yang ini gua rasa ga usah dijelasin lagi. Predikat HAJI di negeri ini berarti orang itu MUSLIM TAAT, wala suka ngejualin bbm subsidi ke pabrik pabrik, walau suka selingkuh dibalik sorbannya, yang penting… HAJI.
  4. ROL BERJANGKA: Break event point aka titik balik modal pasti tercipta, bahkan kalau perlu dengan tempo yang sesingkat-singkatnya..
  5. INFO KEBERHASILAN: yah.. cukup mulut ke mulut berita susah jadi seneng berita seneng jadi susah, dalam waktu singkat.

So, masih minat dengan sistem ini? sama sekali gua ga bertujuan untuk ngejelek-jelekin sistem pa haji ini. Toh kebenarannya juga masih dipertanyakan, dan sampai saat ini semua masih baik baik aja, dan semoga disaat kejenuhan pasar tidak berdampak apa-apa untuk para investor.

Setidaknya sistem pa haji ini tidak sekasar mlm yang gila-gilaan nawarin dagangannya, cukup sekali pengalaman gua dikejar sales mlm obat dan pulsa. Tidur jadi ga tenang, pagi pagi dah didoktrin tentang masa depan. Apalagi dibandingan denagn PEMULUNG AJA BISA DAPET PESIAR! wadezig, hampir gua bunuh diri saking kaga enaknya ngusir tuh sales dengan kasar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: