Air dan Pasar Bebas

19 Desember 2013 at 8:30 am (opini)

pasti pernah beli air kemasan Aqua. Itu artinya kita ngebeli air dari tanah kita sendiri yang diambil di Klaten, Sukabumi atau di beberapa titik mata air lainnya yang ga cuma dijual disini aja, tapi juga di Malaysia, Brunei, Singapura.

Aqua sendiri udah dibeli sama Danone, perusahaan Spanyol yang berkantor pusat di Perancis. Ga cuma Aqua, kita mungkin juga pernah beli Mizone atau Milkuat untuk yang dijual bebas dari mulai warung emperan sampe ke hypermarket macam Carrefour perusahaan ritel Perancis: kedua terbesar setelah Wallmart, yang dari Januari 2013 udah 100% dimiliki Trans Corp milik si Anak Singkong Chairul Tanjung.

Mungkin ga sih kalo ada pikiran Carrefour sengaja dilepas ke pengusaha lokal untuk memuluskan niatnya buka gerai seantero negeri karna mungkin ada aturan yang membatasi kepemilikan pengusaha asing? karna saat ini aja Carrefour punya 84 gerai yang tersebar di hampir semua pulau di Indonesia.

*http://www.merdeka.com/peristiwa/aqua-contoh-kasus-komersialisasi-air-dalam-persidangan-di-mk.html
*id.wikipedia.org/wiki/Aqua_(air_mineral)
*http://id.wikipedia.org/wiki/Danone
*http://id.wikipedia.org/wiki/Carrefour

Permalink Tinggalkan sebuah Komentar